Clock

Jumat, 22 Maret 2013

Profil Para Malaikat


Judul                   : Profil Para Malaikat
Penulis                : Abdurrahman bin Haitsam Al-Yafi’i
Penerbit              : Pustaka Salwa
Cetakan              : Pertama, Agustus 2011
Ukuran               : 23,5 × 16 cm
Tebal                  : xviii + 355 hlm
Berat                  : 600 gr
ISBN                 : -

Buku "Profil  Para Malaikat"
Buku "Profil  Para Malaikat"
Alam malaikat selalu menjadi topik pembahasan yang menarik, karena mereka adalah termasuk salah satu makhluk ghaib ciptaan Allah Ta’ala. Bahkan ada sebagian dari kalangan ahli filsafat yang mengatakan bahwa malaikat pada hakikatnya hanyalah gambaran kekuatan kebaikan yang terselubung di dalam jiwa. Siapakah sebenarnya malaikat itu? Seperti apakah wujudnya? Dimanakah dia berada? Berapa populasinya? Ataukah itu hanya kekuatan kebaikan sebagaimana dinyatakan tadi?

Buku ini secara gamblang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Secara garis besar, buku ini terbagi menjadi 4 pokok bahasan: 1. Definisi malaikat 2. Sebagian pekerjaan yang Allah tugaskan kepada para malaikatNya 3. Sifat-sifat malaikat 4. Bantahan kepada ahli filsafat.

Pada pokok bahasan pertama, penulis mengupas tuntas mengenai arti malaikat baik secara bahasa maupun istilah. Kemudian dijelaskan pula di mana tempat tinggal para malaikat. Dan disebutkan nama-nama para malaikat yang ternyata tidak hanya 10 seperti yang selama ini kita dapatkan.Kemudian pada bagian lain dari buku ini dijelaskan tentang penciptaan malaikat, dari apa ia diciptakan, seberapa besar badan dan kekuatan malaikat, hati malaikat, wajah malaikat, mata malaikat dan sebagainya.

Pada bagian akhir penulis memberikan bantahan bagi mereka yang mengingkari keberadaan malaikat, yang mengatakan bahwa malaikat hanyalah khayalan, tidak ada wujudnya. Dengan dasar-dasar yang shahih penulis menggugurkan pemikiran para ahli filsafat tersebut. Penulis menyebutkan kisah para nabi ketika bertemu malaikat, seperti ketika nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melihat jibril dalam bentuk aslinya, ketika nabi Adam melihat malaikat, juga Nabi Luth yang bertemu dengan para malaikat.

Kelebihan buku ini dibanding buku-buku sejenis yang mengupas permasalah malaikat adalah bahwa buku ini hanya mengambil dari sumber Al-Quran dan hadits-hadits yang shahih, dan meninggalkan kisah-kisah israiliyat yang mana pada buku-buku lain masih banyak tersebar di dalamnya. Boleh jadi saat ini buku ini merupakan satu-satunya yang membahas permasalahan malaikat secara lengkap dan komprehensif serta bersih dari kisah-kisah israiliyat. Wallahu a’lam bish showwab.

(Oleh: Rinto Adi)
(Sumber: http://resensi.buku-islam.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Contact our Support

Email us: pusatwakaf@yahoo.com

Our Team Members